LOGO BARU MGMP: FILOSOFI DAN HARAPAN BARU
Secara keseluruhan, logo ini memancarkan Semangat Kolaborasi, Intelektualitas, dan Pertumbuhan yang Berkelanjutan (diwakili oleh Sigma, Pi, dan Warna Hijau/Kuning), dengan Landasan Logika dan Keteraturan (diwakili oleh Fungsi dan Koordinat Kartesius), dalam sebuah Wadah Persatuan yang Tegas dan Profesional (diwakili oleh Lingkaran dan Warna Biru/Hitam).
Berikut adalah
jabaran filosofi logo tersebut dari berbagai sudut pandang:
1.
Bentuk dan Tata Letak
|
Sudut Pandang |
Elemen |
Filosofi dan Makna |
Semangat & Harapan Baru |
|
Bentuk Dasar |
Lingkaran (Utama) |
Melambangkan keutuhan,
kesinambungan, kesatuan, dan kekompakan. Lingkaran juga berarti tanpa batas,
mencerminkan ilmu matematika yang terus berkembang dan komunitas MGMP yang
tidak berhenti belajar. |
Harapan akan kesatuan dan sinergi yang kuat
antar guru matematika untuk terus maju dan berinovasi tanpa batas. |
|
Tata Letak |
Teks melingkar dan Inti di
tengah |
Menunjukkan fokus utama
(Simbol Matematika) yang dikelilingi oleh wadah organisasinya (MGMP) dan
identitasnya (SMAN Kab. Jombang). |
Semangat untuk menjadikan Matematika sebagai inti
dari setiap kegiatan dan pengembangan kompetensi. |
2.
Simbol Matematika (Inti Logo)
|
Sudut Pandang |
Elemen |
Filosofi dan Makna |
Semangat & Harapan Baru |
|
Sigma ($\Sigma$) |
Simbol penjumlahan (Summation)
dalam matematika. |
Melambangkan penyatuan atau akumulasi. Diartikan sebagai
penyatuan ide, pengetahuan, pengalaman, dan kekuatan para guru dalam MGMP. |
Semangat kolaborasi dan akumulasi kompetensi guru yang terus meningkat dari
waktu ke waktu. |
|
Pi ($\pi$) |
Konstanta penting dalam
geometri (rasio keliling terhadap diameter lingkaran). |
Melambangkan dasar-dasar matematika yang
fundamental, universal, dan abadi. Sering juga dikaitkan dengan perhitungan
dan ketelitian. |
Harapan untuk mempertahankan prinsip dan meningkatkan ketelitian dalam
pengajaran dan pemahaman konsep matematika. |
|
Fungsi ($f(x)$) |
Simbol representasi hubungan
antar variabel. |
Melambangkan proses, pemetaan, dan keterkaitan sebab-akibat. Menggambarkan peran guru
dalam memetakan potensi siswa dan menghasilkan luaran (output) yang
berkualitas. |
Semangat pendekatan yang terstruktur dan berorientasi hasil dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran. |
|
Sistem Koordinat Kartesius (X-Y) |
Dasar geometri analitik dan
representasi visual. |
Melambangkan keteraturan, logika, dan kemampuan untuk memvisualisasikan atau memecahkan
masalah kompleks secara sistematis. |
Harapan untuk mengajarkan cara berpikir logis
dan terstruktur (sistematis) kepada
siswa. |
|
Bintang |
Dua bintang di kiri dan kanan. |
Melambangkan cita-cita tinggi, prestasi, dan panduan (seperti bintang penunjuk
arah). Juga bisa berarti dualisme atau keseimbangan. |
Semangat untuk meraih prestasi dan menjadi teladan bagi komunitas
pendidikan lain. |
3. Warna
|
Sudut Pandang |
Warna |
Filosofi dan Makna |
Semangat & Harapan Baru |
|
Hijau Terang |
Lingkaran luar (dasar) |
Melambangkan pertumbuhan, pembaharuan, kesuburan, dan harapan. |
Mencerminkan semangat dan harapan baru untuk
terus tumbuh, berkembang, dan menghasilkan inovasi. |
|
Kuning/Oranye Terang |
Lingkaran tengah dan Sigma |
Melambangkan keceriaan, optimisme, energi, dan intelektualitas. Warna ini menarik perhatian dan
menunjukkan gairah. |
Semangat optimisme dan energi positif dalam menghadapi tantangan baru di
dunia pendidikan. |
|
Biru Tua |
Lingkaran dalam dan
Teks/Simbol |
Melambangkan integritas, kepercayaan, ketenangan, dan kecerdasan/ilmu pengetahuan (sering dikaitkan dengan
teknologi dan logika). |
Harapan akan integritas dan profesionalisme guru yang
didasari ilmu dan ketenangan berpikir. |
|
Hitam |
Teks dan sebagian simbol |
Melambangkan ketegasan, kekuatan, dan profesionalisme. Sebagai warna teks, menjamin
keterbacaan yang jelas. |
Semangat ketegasan dalam menjalankan tugas dan menjunjung
tinggi profesionalisme sebagai guru. |
4. Nama
|
Sudut Pandang |
Elemen |
Filosofi dan Makna |
Semangat & Harapan Baru |
|
MGMP |
Musyawarah Guru Mata Pelajaran |
Menekankan fungsi sebagai wadah resmi para guru untuk berdiskusi, berbagi praktik baik (sharing), dan meningkatkan kompetensi secara
kolektif. |
Semangat untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru melalui
kolaborasi aktif. |
|
MATEMATIKA |
Mata Pelajaran |
Menegaskan fokus ilmu yang menjadi inti
pembahasan dan pengembangan kompetensi. |
Harapan untuk memajukan kualitas pengajaran
mata pelajaran Matematika di wilayah tersebut. |
|
SMAN KAB. JOMBANG |
Identitas Wilayah |
Menegaskan lokasi dan lingkup organisasi, menunjukkan dedikasi dan
kontribusi nyata pada pengembangan pendidikan di tingkat kabupaten. |
Semangat kontribusi lokal dan menjadi pusat keunggulan bagi sekolah-sekolah di Kabupaten
Jombang. |

Tidak ada komentar